Ortax Forums PPh Orang Pribadi Rugi usaha dan tetap kena PP 46

  • Rugi usaha dan tetap kena PP 46

     bear3600 updated 8 years, 5 months ago 8 Members · 20 Posts
  • alifilyasa

    Member
    7 January 2014 at 11:01 am

    Rekan Ortax sekalian..
    mohon bantuannya..
    usaha rekan saya (pedagang kelontong dgn omzet hanya sekitar 5 juta sebulan) mengalami kerugian dan sulit keuangan…apakah tetap membayar PPh sesuai PP 46?
    kalau meminta kemudahan untuk menangguhkan pembayaran pajak bisa tidak ya?

  • alifilyasa

    Member
    7 January 2014 at 11:01 am
  • kartikadn

    Member
    7 January 2014 at 11:19 am

    kalau berdasa peraturannya, final dari omzet ya rekan, bukan dari laba..
    kalau penangguhan bayar pajak, mungkin rekan yang lain bisa bantu 😀
    cmiiw

  • rukhan

    Member
    7 January 2014 at 11:26 am

    salam rekan.

    tetap kena pp 46 rekan kecuali
    1. Wp menggunakan sarana/prasarana yang dpt dibongkar muat misal angkringan.
    2. Wp yang omsetnya > 4,8M.
    3. penghasilan dr pekerjaan bebas
    4. penghasilan yang diperoleh dari luar negri.

    misal omset 5jt x (juli-Des 13)6 bulan =Rp 30jt x 1% = Rp 300rb.

    CMIIW

    best regardz

  • priadiar4

    Member
    7 January 2014 at 11:34 am
    Originaly posted by alifilyasa:

    apakah tetap membayar PPh sesuai PP 46?

    yup

    Originaly posted by alifilyasa:

    kalau meminta kemudahan untuk menangguhkan pembayaran pajak bisa tidak ya?

    Tidak diketahui

  • ktfd

    Member
    7 January 2014 at 11:47 am
    Originaly posted by alifilyasa:

    mengalami kerugian dan sulit keuangan…

    kata pem: emangnya gw pikirin… he3…
    yg penting, bayar pajaknya, kan ngitungnya gampang, 1% x omzet… gampang kan…
    bangkrut??? itu soal lain… he3…

  • bear3600

    Member
    7 January 2014 at 12:59 pm

    halo rekan ortax semua, nambahin pertanyaan nya nih

    mulai masa januari 2014 apa kita harus lapor pembayaran omset 1%? kalau iya, pakai form apa lapor nya? paling lambat tgl berapa tiap bulannya?

    Tq

  • hangsengnikkei

    Member
    7 January 2014 at 1:12 pm
    Originaly posted by bear3600:

    mulai masa januari 2014 apa kita harus lapor pembayaran omset 1%? kalau iya, pakai form apa lapor nya? paling lambat tgl berapa tiap bulannya?

    kalo udah bayar dan ada ntpn nya dianggap sudah lapor

  • bear3600

    Member
    7 January 2014 at 1:16 pm

    @rekan hangseng : kalau bayar di bank/kantor pos selalu ada ntpn nya ya? berarti kabar klo mulai jan 2014 harus lapor pembayaran 1% ga betul ya rekan?

    Tq

  • hangsengnikkei

    Member
    7 January 2014 at 1:19 pm
    Originaly posted by bear3600:

    @rekan hangseng : kalau bayar di bank/kantor pos selalu ada ntpn nya ya?

    ga tau juga deh, tp kl saya bayar di bank2 biasanya muncul ntpn, ga tau kalo di kantor pos

    Originaly posted by bear3600:

    berarti kabar klo mulai jan 2014 harus lapor pembayaran 1% ga betul ya rekan?

    betul jg koq
    Wajib Pajak yang menyetor Pajak Penghasilan yang bersifat final tetapi Surat Setoran Pajaknya tidak mendapat validasi dengan NTPN, wajib menyampaikan Surat Pemberitahuan Masa Pajak Penghasilan Pasal 4 ayat (2) ke Kantor Pelayanan Pajak sesuai tempat kegiatan usaha Wajib Pajak terdaftar dengan mengisi baris pada angka 11 formulir Surat Pemberitahuan Masa Pajak Penghasilan Pasal 4 ayat (2):

    kolom Uraian diisi dengan "Penghasilan Usaha WP yang Memiliki Peredaran Bruto Tertentu";
    kolom KAP/KJS diisi dengan "411128/420".

  • bear3600

    Member
    7 January 2014 at 1:45 pm

    Oww…berarti klo sdh ada NTPN nya ga perlu lapor lg ya rekan? kalau ga ada baru lapor pakai surat pemberitahuan masa pph 4 (2) ya? form nya minta di KPP ya? di ortax ada form excel nya ga ya? hehehe

    Tq

  • hangsengnikkei

    Member
    7 January 2014 at 1:46 pm
    Originaly posted by bear3600:

    Oww…berarti klo sdh ada NTPN nya ga perlu lapor lg ya rekan? kalau ga ada baru lapor pakai surat pemberitahuan masa pph 4 (2) ya?

    hooh

    Originaly posted by bear3600:

    form nya minta di KPP ya? di ortax ada form excel nya ga ya? hehehe

    coba aja di browsing2, saya sih ga punya, hehehe…

  • bear3600

    Member
    7 January 2014 at 1:50 pm

    hehehe ok deh rekan hangseng, terima kasih bantuannya…

  • priadiar4

    Member
    7 January 2014 at 2:01 pm
    Originaly posted by bear3600:

    hehehe ok deh rekan hangseng, terima kasih bantuannya…

    lebih baik konsultasikan lebih lanjut ke AR KPP Terdaftar

  • bear3600

    Member
    7 January 2014 at 3:02 pm

    emang nya tiap KPP peraturannya tidak sama, rekan priadiar4?

Viewing 1 - 15 of 20 replies

Original Post
0 of 0 posts June 2018
Now