Ortax Forums PPN dan PPnBM PPN sebelum PKP

  • PPN sebelum PKP

     Cika updated 13 years, 9 months ago 7 Members · 9 Posts
  • yasin

    Member
    24 July 2008 at 8:16 am

    teman-teman,
    ada ga sih DJP mengukuhkan PKP kpd suatu badan yang omset penjualannya telah mencukupi formalitas sebagai PKP dan PKP itu diberlakukan mundur, sehingga terutang PPN sebeum dikukuhkan sbg PKP ?
    atas tanggapannya TQ
    salam

  • yasin

    Member
    24 July 2008 at 8:16 am
  • Wahyudi

    Member
    24 July 2008 at 9:59 am

    Keliatannya ada tuch pak yasin tapi maaf saya lupa aturan yg nomor berapa.
    Singkatnya semisal kita dulu CV yg omzet dibawah nilai Rp.1,8m setahun, tetapi pada akhir tahun ternyata omzet kita melebihi jumlah tersebut dan sebelum kita melaporkan untuk dikukuhkan sbg PKP ternyata kita udah ketahuan oleh fiskus, maka kita bisa ditetapkan sebagai PKP secara jabatan plus dendanya.

  • abinzz

    Member
    24 July 2008 at 10:04 am

    kalo pengukuhan sebagai PKP secara Jabatan itu ada, tapi kalo tanggalnya Mundur yang bener pak??.. Mungkin KPPnya Mengukuhkan Sudah Lama Tapi Mereka Gk Confirm ke Kantor Bapak Mungkin.. Jadinya Seperti Tanggal Mundur..

  • quinn allman

    Member
    24 July 2008 at 10:47 am

    Untuk Pa Yasin
    Kalo Menurut saya perlakuan berlaku surut atas terpenuhinya syarat menjadi PKP hanya dari saat memenuhi persyaratan secara materil sampai dengan timbulnya status PKP secara formil.
    Misal Pa Yasin sebagai Usahawan Non PKP, pada juni 2007 yang lalu omzet/peredaran usaha Pa Yasin telah melewati batas sebagai PKP dan Pa Yasin tidak melaporkan usahanya untuk dikukuhkan sebagai PKP yang mana batas waktunya akhir bulan berikutnya setelah bulan omzet melewati batas sebagai PKP. Namun DJP telah mengukuhkan PKP secara jabatan terhadap bapak pada november 2007. Dalam Kasus ini bapak telah menjadi PKP sejak 1 agustus 2007 sehingga atas kewajiban memungut,menyetor,melporkan PPN sudah harus dilakukan sejak 1 agustus. untuk masalah dasar hukumnya, saya agak lupa tetapi disitu tertuang bahwa orang pribadi atau pengusaha yang telah memenuhi syarat sebagai PKP pada suatu bulan maka wajib melaporkan usahanya untuk dikukuhkan usahanya sebagai PKP paling lambat akhir bulan berikutnya dan bila tidak melaporkan usahanya maka DIANGGAP menjadi PKP sejak awal bulan berikutnya setelah bulan diharuskannya pelaporan usaha..
    Semoga dapat membantu

  • lutfan1708

    Member
    24 July 2008 at 11:26 am

    Yang dimaksud dasar hukum oleh pak quinn allman itu adalah SE-33/PJ.51/2003?

  • Cika

    Member
    1 August 2008 at 5:27 pm

    Rekan2 ortax sekalian mohon bantuan penjelasan, kalo misal suatu PT baru berdiri di bulan april 2008 tapi baru dikukuhkan sebagai PKP di bln juni, apakah transaksi2 yg terjadi selama april sampai mei boleh diakui ? Terima kasih.

  • Budianto

    Member
    1 August 2008 at 6:01 pm

    daftar NPWPnya kapan ?
    kalo daftar bulan april/mei, biayanya bisa diakui.
    tapi kalo perush belum ada omzet khan biasanya biayanya masuk ke biaya pra-operasi bukan ke rugi laba.
    CMIIW

  • Cika

    Member
    1 August 2008 at 6:22 pm

    Daftar NPWP nya bulan april juga. Tapi masalahnya selama dari april sampai juni, kita telah melakukan transaksi penjualan (tp penjualan tanpa ppn), dan pengeluaran biaya2 rutin. Nah apakah biaya2 rutin ini (cth: gaji,listrik,dll) bisa dikategorikan sbg biaya pra-operasional? Sebelumnya terima kasih atas masukan dr Pak Budianto.

Viewing 1 - 9 of 9 replies

Original Post
0 of 0 posts June 2018
Now