Ortax Forums PPN dan PPnBM PPN atas Transaksi dgn Bendaharawan! Status lembar ke3 SSPnya?

  • PPN atas Transaksi dgn Bendaharawan! Status lembar ke3 SSPnya?

     LIVIE updated 14 years, 1 month ago 6 Members · 9 Posts
  • Octa

    Member
    15 April 2008 at 4:22 pm

    Dear all,

    Mo tanya neh…
    PT A melakukan transaksi penjualan dgn Bendaharawan, PT A memungut PPN Keluaran dan oleh Bendaharawan PPN tersebut disetorkan sendiri ke kas negara misalkan terjadinya penyerahan tersebut bln Januari 2008. Saat PT A akan melakukan pelaporan SPT Masa PPN bln Januari, SSP lembar ke3nya belum diterima dari bendaharawan. SSP lembar ke3 dari Bendaharawan tersebut baru diterima pd bln Maret sedangkan statusnya PT A sudah melaporkan SPT PPNnya.
    yang jadi pertanyaan bagaimana status SSP lembar ke3 yang belum dilaporkan tersebut, apakah harus melakukan pembetulan PPN? karena pd dasarnya tidak ada nominal yg berubah dan di e-SPT PPN tdk ada form untuk kategori SSP belum diterima/ SSP telah diterima
    thx atas responnya…

  • Octa

    Member
    15 April 2008 at 4:22 pm
  • LIVIE

    Member
    15 April 2008 at 5:36 pm

    Rekan Octa, memang untuk SPT 1107 ini tdk mengakomodir utk SSP blm diterima/SSP telah diterima, jadi klo menurut saya sih SSP lembar ke-3 tetep harus kita lapor tapi tanpa harus ada pembetulan. mis : apabila PPN-nya sdh dilapor di bln Jan & SSP lembar ke-3nya baru terima maret, SPT Masa PPN di bln Jan tdk perlu pembetulan dan utk SSP lembar ke-3 nya langsung di lapor di bulan Maret saja. Sedangkan untuk media pelaporannya masukkan di form 1107 kolom bagian lampiran yang kosong (SSP lembar ke-3nya dilampirkan).

  • Olive

    Member
    15 April 2008 at 5:53 pm

    Saya pernah juga melakukan hal yang sdri livie sarankan, tapi waktu saya lapor ditolak, katanya saya harus melakukan pembetulan untuk SPT masa dimana terjadi transaksi dgn bendaharawan… Padahal sebelumnya juga pernah melakukan hal yg sama dan tidak dipermasalahkan… Saya jadi bingung, seharusnya prosedur yg benar yg mana ya ???? kok tdk konsisten !!!

  • Octa

    Member
    16 April 2008 at 8:31 am

    thx atas masukannya
    mungkin akan saya coba melakukan pelaporan SSP lembar ke3 tersebut di bln maret tapi seandainya oleh KPP ditolak terpaksa harus melakukan pembetulan PPN bln Jan
    Tetapi kasus seperti ini seringkali terjadi dan yang dirugikan sebenarnya adalah WP
    ada yang punya alternatif lain?

  • Assalaam

    Member
    16 April 2008 at 10:50 am

    saran kalo ada transaksi ke bendah, buat faktur saat nagih ke bendah. jadi kalo penyerahan jan, nagih ke bendah maret maka dibuat fakturnya maret. lapor sptnya kan 15 april. ssp kemungkinan besar udah disetor bendaharawan. tapi kalo memang belum terima saya setuju dengan olive. laporin aja saat ssp diterima tanpa pembetulan bulan jan. cuma nanti saat ada pemeriksaan semua transaksi ke bendaharawan harus sudah ada sspnya.

  • Wahyudi

    Member
    16 April 2008 at 2:25 pm

    Saran dari rekan livie cukup bagus dan bisa ditambahi (dgn ketentuan bahwa SSP lbr 3 benar-2 belum diterima) dengan bukti adanya pemungutan dari bendaharawan semisal Surat Perintah Membayar dari Bendaharawan sebab disitu kan disebutkan jumlah yang dibayar dan yang dipotong. Tapi lebih baiknya lagi di KOORDINASIKAN dulu dengan AR kita.
    Sedang saran dari assalaam saya rasa cukup sulit, sebab ketika kita nagih ke bendaharawan itu dokumen penagihan harus komplit terlebih dulu termasuk FAKTUR dan SSP jika tidak maka tagihan tidak akan cair-2. dan itulah resiko kita jika berurusan dengan bendaharawan.

  • Gavin

    Member
    17 April 2008 at 10:00 am

    Sebenarnya ada sanksinya ga sih klo SSP lbr ke 3 dari bendaharawan pem tsb tdk kita laporkan ?

  • LIVIE

    Member
    17 April 2008 at 4:16 pm

    Untuk lebih jelasnya buka buku petunjuk pengisian SPT Masa PPN 1107 Halaman 12 & 13 angka 2 (penyerahan kepada Pemungut PPN Bendaharawan Pemerintah) lalu ke halaman 61 huruf b.

Viewing 1 - 9 of 9 replies

Original Post
0 of 0 posts June 2018
Now