• Penjurnalan COGS

     mutianp updated 9 years, 1 month ago 6 Members · 13 Posts
  • mutianp

    Member
    2 November 2015 at 2:38 pm
  • mutianp

    Member
    2 November 2015 at 2:38 pm

    sebenarnya COGS diakui saat apa sih? selama ini aku menjurnal COGS saat Invoice ke costumer keluar tapi kalau INvoice ke costumer udah keluar tapi Invoice dari supplier blm di terima maka COGS untuk Invoice Costumer itu aku keluarin saat Invoice dari supplier diterima. misalkan

    PT.A membeli barang ke kita invoicenya kita keluarkan tanggal 4 nov 2014, lalu kita membeli barang dagang untuk PT.A ke PT.B dan PT.B mengirimkan Invoice ke kita tgl 3 des 2014, kalau aku menjurnal COGSnya pada saat tgl 3 des 2014 karena kalau menjurnal COGSnya di bulan 4 nov blm ada inventorynya tercatat. menurut yang master bagaimana nih?

  • riogun

    Member
    2 November 2015 at 4:27 pm
    Originaly posted by mutianp:

    PT.A membeli barang ke kita invoicenya kita keluarkan tanggal 4 nov 2014, lalu kita membeli barang dagang untuk PT.A ke PT.B dan PT.B mengirimkan Invoice ke kita tgl 3 des 2014, kalau aku menjurnal COGSnya pada saat tgl 3 des 2014 karena kalau menjurnal COGSnya di bulan 4 nov blm ada inventorynya tercatat. menurut yang master bagaimana nih?

    menurut saya tanggal 3 catat inventory saat kita melakukan pemb. Pada tanggal 4 kita baru catat cogsnya. kalau salah mohon dikoreksi.

  • hendrioye

    Member
    3 November 2015 at 11:34 am

    gak mungkinlah bisa jual barang tapi barangnya sendiri belum ada

  • jon1201

    Member
    3 November 2015 at 12:13 pm

    COGS dijurnal saat Invoicing (terbit tagihan) by sistem

  • mutianp

    Member
    5 November 2015 at 8:24 am
    Originaly posted by hendrioye:

    gak mungkinlah bisa jual barang tapi barangnya sendiri belum ada

    tapi di perusahaan aku tu begitu, mungkin barangnya sudah ada sebelum invoice dari vendor nyampe ke kita karena perusahaan kita sudah bikin PO, tapi kan dalam pencatatan pembukuan inventory di catat saat invoice dari vendor terbit kan? emang boleh pencatatan di pembukuan inventory di catat saat Tgl PO?

  • mutianp

    Member
    5 November 2015 at 8:25 am
    Originaly posted by riogun:

    menurut saya tanggal 3 catat inventory saat kita melakukan pemb. Pada tanggal 4 kita baru catat cogsnya. kalau salah mohon dikoreksi.

    berarti COGSnya bisa di backdate dong? kan udah tutup buku bulan novembernya?

  • mutianp

    Member
    5 November 2015 at 8:27 am
    Originaly posted by jon1201:

    COGS dijurnal saat Invoicing (terbit tagihan) by sistem

    ya memang benar seperti itu, tapi kalau kasusnya seperti aku ceritakan di atas bagaimana? pada saat kita menerbitkan Invoice Inventorynya blm tercatat.

  • ktfd

    Member
    5 November 2015 at 11:23 am

    makanya pas barang dateng, ya sdh diakui sbg persediaan, jgn tunggu invoice.
    pakailah surat jalan.

  • riogun

    Member
    5 November 2015 at 11:45 am
    Originaly posted by ktfd:

    makanya pas barang dateng, ya sdh diakui sbg persediaan, jgn tunggu invoice.
    pakailah surat jalan.

    setuju

  • harl3m123

    Member
    5 November 2015 at 4:50 pm

    Saya kasi solusi seadanya saja ya semoga berguna.
    Jadi Anda pada kasus ini seharusnya mencatat persediaan pada saat barang masuk, Yang artinya jika Anda mengunakan program akuntasi yang terintegrasi, Anda mungkin harus menjurnal manual. Misal barang masuk pada tanggal 1 Nov 2014 tapi invoice di 3 Des 2014. Jurnal manualnya :
    Dr. Inventory
    Cr. Accrued expense

    Pada tanggal 4 Nov 2014 ketika barang dijual. Program Anda sudah otomatis catat 2 jurnal :
    Dr. AR / Kas Tunai
    Cr. Sales

    Dr. COGS
    Cr. Inventory

    Pada tanggal 3 Des 2014 ketika Anda terima invoice dari supplier. Sistem Anda otomatis :
    Dr. Inventory
    Cr. AP (Account Payable)

    Nah sekarang karena sistem Anda tidak bisa diubah-ubah. Konsekuensinya adalah Inventory anda double book dan ada over accrued expense (saran saya bikin akun tambahan yang nature ya accrued expense tapi akun sementara untuk menampung semua angka dari kasus tersebut). Fisnishing ya Anda bikin jurnal penyesuaian untuk hilangkan kedua akun tersebut.

    Dr. Accrued expense
    Cr. Inventory

    Saran terakhir saya, Anda harus pandai memilih program akuntansi yang bisa mencatat pengakuan persediaan pada saat tanggal delivery notes (surat jalan), atau program yang pada saat input invoice dari supplier, dia tidak lari ke inventory langsung, tetapi bisa menjurnal
    Dr. Accrued expense
    Cr. AP

  • hendrioye

    Member
    6 November 2015 at 10:11 am
    Originaly posted by mutianp:

    tapi di perusahaan aku tu begitu, mungkin barangnya sudah ada sebelum invoice dari vendor nyampe ke kita karena perusahaan kita sudah bikin PO, tapi kan dalam pencatatan pembukuan inventory di catat saat invoice dari vendor terbit kan? emang boleh pencatatan di pembukuan inventory di catat saat Tgl PO?

    ikuti yang ini aja

    Originaly posted by ktfd:

    makanya pas barang dateng, ya sdh diakui sbg persediaan, jgn tunggu invoice.
    pakailah surat jalan.

  • mutianp

    Member
    9 November 2015 at 1:35 pm

    ok terimakasih ya semua atas saran dan ilmunya.

Viewing 1 - 13 of 13 replies

Original Post
0 of 0 posts June 2018
Now