Media Komunitas Perpajakan Indonesia › Forums › Akuntansi Pajak › Pencatatan PPh 23
Salam rekan rekan,
Saya ingin menanyakan untuk kasus berikut ini dikarenakan peraturan baru mengenai perluasan pengenaan pajak PPh pasal 23:
Biaya cetak brosur sebesar Rp.700,000 telah dibayarkan full melalui petty cash. Dan dikarenakan adanya peraturan baru, seharusnya biaya tersebut dipotong sebesar 2.5% (jika memiliki NPWP) atau 4% (jika tidak memiliki NPWP) karena percetakan tersebut bukan PT.
Karena mereka tidak memiliki NPWP maka akan dipotong sebesar 4%.
Namun mereka tidak bersedia untuk dipotong pajak, sehingga pajak akan ditanggung oleh perusahaan.Bagaimana pencatatannya? Jika seperti ini apakah benar?
biaya cetak 700,000
biaya 29,167
bank 700,000
hutang pph 29,167saat bayar pajak:
hutang pph 29,167
bank 29,167Dan pada saat tutup buku bagaimana pencatatanny?
Mohon bantuannya.Terima kasih.
2 % bukan 2,5% tarifnya
- Originaly posted by yeni munaf:
2 % bukan 2,5% tarifnya
setuju 2% bukan 2,5%
coba jawab,
(dr) Biaya cetak Rp 729.167
(cr) utang PPh ps 23 Rp 29.167
(cr) kas kecil Rp 700.000kenapa kredit nya kas kecil? karena ini:
Originaly posted by yeni munaf:Biaya cetak brosur sebesar Rp.700,000 telah dibayarkan full melalui petty cash.
saat bayar PPh ps 23
(dr) utang PPh ps 23 Rp 29.167
(cr) Bank Rp 29.167semoga membantu
- Originaly posted by kaitokid89:
Biaya cetak brosur sebesar Rp.700,000 telah dibayarkan full melalui petty cash.
Originaly posted by kaitokid89:Namun mereka tidak bersedia untuk dipotong pajak, sehingga pajak akan ditanggung oleh perusahaan.
Pajak ditanggung pengguna Jasa, jurnalnya :
Biaya Cetak = 700.000
Biaya PPh = 14.000 —-> dilakukan koreksi fiskal saat menyusun L/R
…………………. Kas = 700.000
………………… Hutang PPh 23 = 14.000Jurnal saat setor PPh :
Hutang PPh 23 = 14.000
………………Kas = 14.000Apabila dilakukan Gross Up, jurnalnya :
Biaya Cetak = 729.167
…………………. Kas = 700.000
………………… Hutang PPh 23 = 29.167
Jurnal saat setor PPh :
Hutang PPh 23 = 29.167
………………Kas = 29.167Catatan : penghitungan secara gross up dapat dilakukan dengan syarat tagihannya diganti menjadi sebesar = 729.167