Ortax Forums Bahas Berita Pemerintah akan Tambah Bahan Ajar Pajak untuk SD-SMA

  • Pemerintah akan Tambah Bahan Ajar Pajak untuk SD-SMA

  • Erica Rahma Dewi

    Member
    30 August 2021 at 1:12 am

    JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati akan menambah bahan ajar pajak untuk tingkat SD, SMP, dan SMA untuk sekolah di bawah naungan Kemendikbud Ristek. Mata pelajaran yang berhubungan dengan pajak itu dalam proses penyusunan dengan kementerian terkait.

    "Kita termasuk dalam proses penyusunan agar dari mulai tingkat sekolah dasar (SD), SMP, dan SMA akan dilakukan mata ajaran yang berhubungan dengan pajak dan perpajakan," kata Sri Mulyani dalam webinar Pajak Bertutur, Rabu (25/8/2021).

    Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini menyebutkan, bahan ajar dan materi pendidikan soal pajak berguna untuk menanamkan pemahaman kepada generasi muda mengenai pentingnya pajak. Anak muda bakal menjadi pelopor-pelopor patuh pajak. Sejauh ini, Kemendikbud Ristek terus memasukkan pendidikan soal dalam buku-buku pendidikan dasar menengah dalam kurikulum pendidikan.

    "Kami senang bahwa kita akan memulai dengan kegiatan piloting atau uji coba. Generasi muda saat ini tentu adalah generasi penerus, mereka yang akan meneruskan pembangunan dan proses terus memajukan negara Indonesia hari ini dan ke depan," ucap Sri Mulyani.

    Bendahara Negara meminta program inklusi serupa juga dijalankan oleh Kementerian Agama yang notabene memegang kendali atas sekolah madrasah dan pesantren.

    "Tentu saya berharap dalam kurikulum pendidikan dasar menengah yang ada di lingkup Kementerian Agama juga akan terus dilanjutkan," ujar Sri Mulyani.

    Sumber: https://money.kompas.com/read/2021/08/25/143344526 /sd-hingga-sma-bakal-ada-mata-pelajaran-pajak-peme rintah-susun-materinya

  • Erica Rahma Dewi

    Member
    30 August 2021 at 1:12 am
  • Kevin William

    Member
    30 August 2021 at 1:15 am

    Sangat setuju. ini sebagai upaya penanaman sadar pajak sejak dini

  • Mathias Brian

    Member
    30 August 2021 at 1:19 am

    setuju. pajak harus dikenalkan sejak dini agar paham ketentuan-ketentuan nya dan lebih siap saat sudah kerja atau berpenghasilan

  • Elina Ginting

    Member
    30 August 2021 at 1:21 am

    semoga bisa diterapkan secepatnya

  • sup4rm4n

    Member
    30 August 2021 at 1:45 am

    Menurut saya ini hal yang baik, karena masih banyak masyarakat yang kurang paham arti membayar pajak. Semoga kedepannya generasi muda bisa berkontribusi untuk meningkatkan penerimaan pajak

  • muhammad.firdiansyah

    Member
    30 August 2021 at 2:12 am

    terlalu berat untuk menanamkan pajak sejak dini untuk tingkatan SD dan SMP

  • harind

    Member
    30 August 2021 at 5:18 am

    terlalu dini jika dari SD/SMP…sudah padat dengan pelajaran yg ada…

  • bidadaribangunse

    Member
    29 September 2021 at 7:27 am

    Saya rasa ini terlalu berlebihan. Masyarakat skrg sebetulnya udh sadar pajak rekan. Namun, skeptisme terhadap uang pajak sendiri, karena yang sering ditampilin di media ya anggaran bocor untuk ini itu.

Viewing 1 - 9 of 9 replies

Original Post
0 of 0 posts June 2018
Now