Ortax Forums PPh Pemotongan/Pemungutan Pembelian barang + jasa maintenance

  • Pembelian barang + jasa maintenance

  • wiguna

    Member
    25 June 2008 at 10:16 am
  • wiguna

    Member
    25 June 2008 at 10:16 am

    perusahaan membeli perangkat server sebesar Rp 1 Milyar. Dalam 1 milyar tersebut perusahaan diberikan jasa maintenance selama 10 tahun secara gratis. apakah pembelian tersebut dikenakan PPh pasal 4 (2) atas jasa?

  • abinzz

    Member
    25 June 2008 at 10:30 am

    Jasa Maintenance/Perawatan bukan masuk Per-70 2007 tuh pak??..
    jadi bukannya Jasa Maintenance Peralatan masuk ke PPh Pasal 23??..
    hmm..
    selain Jasa Konstruksi yang Pakek PPh Final Proyek dengan Batasan 1M Proyek apalagi??.. (confused)

  • wiguna

    Member
    25 June 2008 at 10:31 am

    sorry ralat, maksud saya PPh 23

  • POERBA

    Member
    25 June 2008 at 10:56 am

    Memang benar sih dalam per 70, jasa perawatan dan pemeliharaan itu dipotong pph 23 4,5%. Dan dasar pemotongannya itu adalah dari yg 1 milyar. Sudah kasih jasa maintenance gratis selama 10 tahun, dipotong pph 23 lagi. Rugi dong….
    Mungkin jasa perawatan dan pemeliharaan tersebut tidak termasuk perawatan yg dalam masa garansi kale…
    Mohon koreksi..

  • wuriant

    Member
    25 June 2008 at 10:58 am

    kalau menurut saya,
    pembelian barang (server) tidak kena pph23.
    sedangkan untuk jasa maintenancenya karena gratis jadi tidak ada pph23.
    didalam tagihannya nilai jasa dan nilai barangnya terpisah atau tidak?

  • POERBA

    Member
    25 June 2008 at 11:02 am

    Emang kl garansi gitu diberi tahu nilainya pak???

  • mardi

    Member
    25 June 2008 at 11:29 am

    saya setuju dengan tidak dipotong PPh 23 selama tidak terpisah antara tagihan/perjanjian pembelian dan pemberian jasa 10 th

  • lutfan1708

    Member
    25 June 2008 at 1:23 pm

    bagaimana kalo kita sewa server? apakah dipotong pph 23dan berapa tarifnya?

  • wiguna

    Member
    25 June 2008 at 1:30 pm

    kalo sewa dipotong juga. tarifnya 4,5%. ada di Per 70 lebih jelasnya, khususnya mengenai sewa harta. mohon koreksi..

  • lutfan1708

    Member
    25 June 2008 at 1:33 pm

    terimakasih jawabannya pak

  • wiguna

    Member
    25 June 2008 at 1:35 pm

    sewa dipotong PPh 23. tarifnya 4,5%. lebih jelasnya lihat Per 70 khusunya mengenai sewa atas penggunaan harta

  • Oz chan

    Member
    27 December 2008 at 3:23 am

    intinya sih balik ke konsep penghasilan menurut konsepnya Simon-Haig-Schanz (konsep SHS) yang dianut UU PPh no17 2000 yaitu penghasilan adalah tambahan kemampuan ekonomis yang bisa dipake buat konsumsi investasi dll. Nah kalo di UU PPh kan yang jadi objek PPh kan penghasilan menurut konsepnya SHS nih. Jadi perusahaan yang ngasih bonus maintenance setaon itu dapet penghasilan gak dari maintenance? namanya ngasih bonus gratisan, ya enggak ada penghasilan atas jasa maintenance. Berarti kagak ada PPh terutang buat jasa maintenance.

    Nah kalo sudut pandangnya dirubah nih yang nerima gratisan siapa? gratisan, bonus itu penghasilan gak?
    …puyeng…
    …rada ilang dikit puyengnya…
    …puyengnya dah ilang…

    asumsi bonusnya dicantumin di invoice walaupun tanpa nilainya, kalo om pemeriksa cerdas dikit bisa2 ketauan tuh. bisa aja ama si om nilai jasa maintenance-nya ditetapin dengan metode komparasi dengan jasa sejenis oleh pihak lain atau metode penentuan harga lainnya.

    hayyyooo gimana??
    silakan dikomen, dikritik, dikoreksi, dicela juga boleh apalagi kalo mau dipuji…

  • exfclinx_Barathum

    Member
    31 December 2008 at 1:26 pm
    Originaly posted by oz chan:

    menurut konsepnya Simon-Haig-Schanz (konsep SHS)

    widiiih belajar hukum belanda.

  • juni

    Member
    31 December 2008 at 3:10 pm

    Wong londo
    kl ga ada biaya perawatan kenapa pusing ngitung pajaknya.

Viewing 1 - 15 of 15 replies

Original Post
0 of 0 posts June 2018
Now