Ortax Forums Lain-lain Pembayaran Pajak

  • Pembayaran Pajak

     ammolla updated 13 years, 10 months ago 8 Members · 9 Posts
  • yasin

    Member
    12 August 2008 at 2:04 pm
  • yasin

    Member
    12 August 2008 at 2:04 pm

    Pembayaran Pajak di kita ini kurang gampang, seharusnya memasukkan uang ke Kas Negara tidak dibatasi waktu, kebayakan Bank menerima pembayaran pajak hanya sampai jam 10.00 AM, belum lagi apabila validasi (NTPN) oleh bank tsb pada lembaran yang lain (bukan pada SSP) kadang-kadang petugas pajak suka rese kita kadang2 kan lupa copy -untuk lampiran lapor SPT masa-
    seharusnya pembayaran pajak adalah semudah kita menabung, bagaimana pendapat rekan-rekan

  • lutfan1708

    Member
    12 August 2008 at 2:15 pm

    Caranya bagaimana ya? biar sama seperti waktu menabung? apakah dengan cara ada pemberitahuan dari dirjen pajak ke semua bank yang ditunjuk agar waktunya disamakan?
    Bila kita bayar pajak di BNP sampai jam 13:00
    Bila di BNI Supomo sampai jam 14:00 ===>lama banget antrinya.

  • asma

    Member
    12 August 2008 at 3:30 pm

    saya juga setuju kalau pembayaran pajak kita lakukan semudah menabung. mungkin boleh usul tuch ke Menkeu supaya dibentuk satu lembaga non bank yang khusus menangani penerimaan Pajak, supaya pelayanannya lebih khusus juga. bukan kah penerimaan negara terbesar bersumber dari Pajak?? gimana menurut rekan ortax sekalian..???

  • wiguna

    Member
    12 August 2008 at 3:53 pm

    ada wacana pajak dapat dibayar melalui ATM. namun yang masih dapat dilakukan baru PBB. sedangkan jenis pajak yang lain belum bisa. Bank persepsi sebagai badan yang ditunjuk untuk menerima penerimaan negara sebenarnya tidak mendapatkan keuntungan apa2 dari dana setoran pajak yang masuk. setiap selasa dan jum'at, dana harus disetorkan ke kas negara, sehingga dana tidak bisa diputar sementara untuk memperoleh surplus.
    selain itu, bank wajib melakukan pelaporan dan pemilahan SSP yang diterima. Untuk lembar 2 dan 4 harus diserahkan ke KPPN paling lambat jam 5 sore pada hari itu juga. Makanya banyak Bank yang menutup tellernya lebih awal agar sempat melakukan pemilahan dan membuat laporannya. apabila melewati jam tersebut, bank akan dikenakan sanksi.
    Sebenarnya lebih banyak ruginya dikukuhkan sebagai bank persepsi.

  • evan212

    Member
    13 August 2008 at 8:11 am

    pembayaran pajak udah on line, dibayar dan masuk pada hari yg sama (MPN) namun di beberapa bank cabang pembantu pelayanan nya hanya 1 jam saja (contoh jam 9 s/d jam 10 AM mungkin gak on line MPN), ini sudah beberapa kali dikeluhkan WP ke DJP dan DJP sudah menghimbau Bank2 persepsi untuk menerima setoran full day (pernah baca di KOMPAS). Supaya dapat pelayanan full day enaknya nyetor di Bank cabang utama n kantor pos on line MPN.
    Bank persepsi gak dapet apa2, kalo dulu bisa over night stay sekarang udah gak bisa cuma buat pelayanan ke nasabah aja.

  • wuriant

    Member
    13 August 2008 at 8:30 am

    saya setor pajak via rtgs ke rekening kpkn di bank mandiri, dan diberikan beberapa kemudahan oleh bank mandiri. tapi tidak semua bank persepsi seperti bank mandiri, bahkan bank mandiri di kantor cabang tidak bisa melakukan pelayanan yang sama.
    saya sangat setuju jika sistem penyetoran pajak dapat dipermudah dan mendapat pelayanan khusus untuk semua penyetor pajak. pemerintah harus tegas kepada semua bank untuk dapat menjadi bank persepsi dan memberikan pelayanan yang istimewa kepada penyetor pajak.

  • exfclinx_Barathum

    Member
    13 August 2008 at 9:40 am

    iyatuh barathum setuju..
    aduh pernah dech..lupa bayar ke bank pas liat udah jam 9.30 lewat trus pergi ke bank…mana ngantri lageeehh…pas ampe di Teller trus teller billang sistemnya pas Offline lagi…yawdah tuh mulut barathum mangap dech…karena terkejut..untung gak kena Stp 2 % perbulan…hari berikutnya berhasil dech..hehehe
    ;D

  • ammolla

    Member
    20 August 2008 at 7:50 pm

    Mudah2an setiap kantor sudah memiliki loket pembayaran sendiri. sudah ada beberapa yang punya loket pembayaran di kantor pajak, tapi baru beberapa sehingga kl mo bayar ga harus antri di bank.

Viewing 1 - 9 of 9 replies

Original Post
0 of 0 posts June 2018
Now