Media Komunitas Perpajakan Indonesia Forums Lain-lain Pelaporan Masa Pajak dan Pencatatan Akutansi

  • Pelaporan Masa Pajak dan Pencatatan Akutansi

     jon1201 updated 9 years, 1 month ago 4 Members · 14 Posts
  • jon1201

    Member
    6 November 2015 at 5:10 pm
  • jon1201

    Member
    6 November 2015 at 5:10 pm

    Faktur Pajak tgl 01/06 sdh lapor di SPT PPN Masa Juni
    Invoice baru dibayar bulan oktober, shg jurnal akutansinya tanggal 01/10
    Apakah pemeriksa/penyidik/fiskus mempermasalahkan hal ini?

  • Dewa_Mabok

    Member
    7 November 2015 at 12:24 am

    Seharusnya tidak rekan jon1201

    Secara teori penerbitan FP pada saat penyerahan BKP/JKP atau pada saat pembayaran atau mana yg lebih dulu.

    Namun dalam dunia usaha, hal semacam itu kadang tidak bisa diterapkan.

    Ex di office sya:
    Office sya ada di JKT, PT. X lokasi di KalTim dan order barang tanggal 03/01.

    Syarat penagihan : Invoice wajib dilampiri FP dan B.A Penyerahan barang.

    Barang yg di order PT. X dikirim via ekspedisi darat tanggal 04/01 baru diterima PT.X tanggal 15/01 (B.A Penyerahan di sign tgl 15/1)

    B.A Penyerahan diterima kembali di Office tanggal 02/02.

    Invoice+FP diterbitkan tanggal 03/02 dan dikirim ke PT.X dilampiri B.A Penyerahan tadi (Jurnal piutang+hutang ppn muncul tanggal 03/02)

    tanggal 20/03 hutang PPN di adjustment

    Tanggal 05/04 baru dibayar (Jurnal pembayaran atas piutang tanggal 05/04)

    Tiap tahun diperiksa tidak pernah ada permasalahan.

  • jon1201

    Member
    7 November 2015 at 11:05 am

    Sorry, kasusnya sbg pembeli terima fp masukan baru di jurnal oktober (01/10). Shg harus pembetulan spt ppn masa sebelumnya.
    karena saya lebih pilih meng- kreditkan PM daripade di biayakan.
    Jika saya bebankan sbg Biaya, perusahaan rugi donk.

  • begawan5060

    Member
    7 November 2015 at 11:09 am
    Originaly posted by dewa_mabok:

    Ex di office sya:
    Office sya ada di JKT, PT. X lokasi di KalTim dan order barang tanggal 03/01.
    Syarat penagihan : Invoice wajib dilampiri FP dan B.A Penyerahan barang.
    Barang yg di order PT. X dikirim via ekspedisi darat tanggal 04/01 baru diterima PT.X tanggal 15/01 (B.A Penyerahan di sign tgl 15/1)
    B.A Penyerahan diterima kembali di Office tanggal 02/02.
    Invoice+FP diterbitkan tanggal 03/02 dan dikirim ke PT.X dilampiri B.A Penyerahan tadi (Jurnal piutang+hutang ppn muncul tanggal 03/02)
    tanggal 20/03 hutang PPN di adjustment
    Tanggal 05/04 baru dibayar (Jurnal pembayaran atas piutang tanggal 05/04)
    Tiap tahun diperiksa tidak pernah ada permasalahan.

    Nggak ada masalah, karena memang sudah benar.. tetapi beda dengan kasusnya rekan Jon1201

  • begawan5060

    Member
    7 November 2015 at 11:10 am
    Originaly posted by jon1201:

    Invoice baru dibayar bulan oktober, shg jurnal akutansinya tanggal 01/10

    Ini jurnal yang mana, jurnal pelunasan atau jurnal pembelian?

  • jon1201

    Member
    7 November 2015 at 11:17 am

    Jurnal pembelian pak,

  • begawan5060

    Member
    7 November 2015 at 11:20 am
    Originaly posted by jon1201:

    Jurnal pembelian pak,

    Kenapa baru dicatat saat pelunasan? Tgl invoicenya kapan?

  • jon1201

    Member
    7 November 2015 at 11:31 am

    Inv,fpm tgl 01/06 banyak hal sampe trjadi pembyaran di bulan oktober(01/10).
    Pertama, itu tagihan dan fpm dari pelabuhan pihak ke-3.
    Kedua, tagihan lain dan fpm yg terpending oleh bag. Marketing.
    Bagaimna tanggapan pa begawan?

  • begawan5060

    Member
    7 November 2015 at 11:36 am

    Saat pembelian, dilakukan jurnal pembelian sesuai tgl invoice (bukan saat diterima invoice), dengan demikian jurnal tgl 1 Juni :
    Pembelian = 1.000
    PPN Masukan = 100
    ……….Hutang Dagang = 1.100

    Kalau pembeliannya diakui tgl 1 Okt, maka tdak sinkron dengan tgl FP

  • jon1201

    Member
    7 November 2015 at 11:53 am

    Loh, bukankah aturannya di jurnal saat invoice dibayarkan? Lalu bagaimana dg yg sdh trlanjur, dan saat akhir bulan juga sdh closing akutansi( tdk boleh ada entrian lagi).
    Apakah yg dimaksud pa bgwan," bisa dg jurnal reverse entry, waktu dan tgl 01/10 tapi di tanggali 01/06"?

  • begawan5060

    Member
    7 November 2015 at 12:09 pm
    Originaly posted by jon1201:

    Loh, bukankah aturannya di jurnal saat invoice dibayarkan?

    Jurnal yang mana, pembelian atau pelunasan?
    Jurnal dilakukan dua kali, yaitu saat pembelian, dan saat pelunasan..
    Kalau pembelian dan pelunasan dalam waktu yang sama, berarti beli tunai..
    Kalau berbeda, muncul hutang..

  • sistop

    Member
    7 November 2015 at 12:47 pm
    Originaly posted by jon1201:

    saat akhir bulan juga sdh closing akutansi( tdk boleh ada entrian lagi).

    biasanya program yg g bisa back date itu pada sales nya rekan

    Originaly posted by jon1201:

    Loh, bukankah aturannya di jurnal saat invoice dibayarkan?

    apakah cash basis?

  • jon1201

    Member
    7 November 2015 at 1:20 pm

    Saya sedikit paham,maklum bukan lulusan akutansi..
    Ternyata seharusnya Jurnal pelunasan ( hutang) dan yg dipaake accrual basis.
    Jadi gimna perlakuan PM tgl 1 juni, saat jurnal pelunasan tgl 1 okt?

Viewing 1 - 14 of 14 replies

Original Post
0 of 0 posts June 2018
Now