Informasi Pajak Terkini Forums Bahas Berita OECD Mulai Mengkaji Perlakuan Pajak atas NFT

  • OECD Mulai Mengkaji Perlakuan Pajak atas NFT

     rahma9 updated 8 months, 3 weeks ago 2 Members · 2 Posts
  • safira_ayu

    Member
    5 January 2022 at 4:22 pm

    Bisnis.com, JAKARTA – OECD diketahui tengah dalam tahap awal memeriksa implikasi kebijakan pajak dari non-fungible token (NFT). Langkah ini menindaklanjuti upaya lembaga tersebut untuk menerapkan pajak mata uang virtual.

    Julien Jarrige, Penasehat Direktur dan Wakil Direktur Pusat Kebijakan dan Administrasi Pajak OECD, mengatakan analisis awal menunjukkan bahwa pemerintah harus mempertimbangkan apakah peraturan NFT, termasuk perlakuan pajaknya, harus serupa atau berbeda dengan mata uang virtual. Hal ini diungkapkannya bulan November lalu dalam konferensi virtual yang diselenggarakan oleh Hansuke Consulting.

    Dikutip dari Tax Notes, menurut Jarrige, OECD menerbitkan laporan pada Oktober 2020 tentang perpajakan mata uang virtual dan masalah kebijakan pajak yang muncul dan NFT jelas merupakan area utama untuk pertimbangan lebih lanjut.

    Jarrige mengingatkan perlakuan pajak NFT mungkin berbeda tergantung pada kasus penggunaan dan sifat kepemilikannya. “Secara keseluruhan, ini adalah pertanyaan, tentu saja, yang perlu kami klarifikasi dengan negara-negara, dengan kementerian keuangan mereka, [dan] dengan administrasi pajak mereka,” katanya, seraya menambahkan bahwa OECD masih dalam tahap awal.

    “Kami berharap ini akan mengarah pada pemahaman bersama sebelum beralih ke kemungkinan koordinasi tentang perlakuan pajak [NFT],” kata Jarrige. Dia memaparkan bahwa OECD melihat tiga tantangan utama dengan pajak mata uang virtual adalah karakterisasi, waktu, dan penilaian. Pembuat kebijakan menghadapi kesulitan yang sama dengan NFT, yang dapat mengambil berbagai bentuk dan digunakan dengan cara yang berbeda, tambahnya.

    Sumber:

    https://ekonomi.bisnis.com/read/20220103/620/1484600/oecd-kaji-penerapan-pajak-terhadap-nft

  • rahma9

    Member
    6 January 2022 at 11:03 am

    Wah bagus, akhir akhir ini Indonesia berkontribusi penuh dalam hal hal krusial negara sebagai pembenahan ekonomi dll

Viewing 1 - 2 of 2 replies

Original Post
0 of 0 posts June 2018
Now