ortax Forums Akuntansi Pajak nsbf

  • nsbf

     begawan5060 updated 11 years, 7 months ago 8 Members · 19 Posts
  • kurnia

    Member
    22 April 2010 at 9:47 pm
  • kurnia

    Member
    22 April 2010 at 9:47 pm

    kendaraan sedan direksi 800 jt dibeli jan 2007.
    penyusutan masuk kelompok 2 (8thn)
    berapa nilai sisa buku fiskal awal tahun 2009 untuk dimasukan ke lampiran spt ?
    tq

  • bayem

    Member
    22 April 2010 at 11:28 pm
    Originaly posted by kurnia:

    kendaraan sedan direksi 800 jt dibeli jan 2007.
    penyusutan masuk kelompok 2 (8thn)
    berapa nilai sisa buku fiskal awal tahun 2009 untuk dimasukan ke lampiran spt ?

    600 juta kalo pake metode GL.

  • junjungansitohang

    Member
    22 April 2010 at 11:30 pm

    Asumsi Metode penyusutan : GL
    Penyusutan 2007 = 100 jt
    Penyusutan 2008 = 100 jt
    Jumlah akum.penyusutan = 200 jt
    koreksi – KEP 220 PJ 2002 pasal 3(1);(50%) = (100 jt)
    Jumlah akum. penyusutan stlh penyesuaian = 100 jt
    Harga perolehan = 800 jt
    NBSF per 1/1/2009 = 700 juta

    salam

  • bayem

    Member
    22 April 2010 at 11:43 pm
    Originaly posted by junjungansitohang:

    Asumsi Metode penyusutan : GL
    Penyusutan 2007 = 100 jt
    Penyusutan 2008 = 100 jt
    Jumlah akum.penyusutan = 200 jt
    koreksi – KEP 220 PJ 2002 pasal 3(1);(50%) = (100 jt)
    Jumlah akum. penyusutan stlh penyesuaian = 100 jt
    Harga perolehan = 800 jt
    NBSF per 1/1/2009 = 700 juta

    yang ditanyakan kan ini rekan jungjung?

    Originaly posted by kurnia:

    berapa nilai sisa buku fiskal awal tahun 2009 untuk dimasukan ke lampiran spt ?

  • ecooce

    Member
    22 April 2010 at 11:47 pm
    Originaly posted by bayem:

    600 juta kalo pake metode GL.

    Originaly posted by junjungansitohang:

    Asumsi Metode penyusutan : GL
    Penyusutan 2007 = 100 jt
    Penyusutan 2008 = 100 jt
    Jumlah akum.penyusutan = 200 jt
    koreksi – KEP 220 PJ 2002 pasal 3(1);(50%) = (100 jt)
    Jumlah akum. penyusutan stlh penyesuaian = 100 jt
    Harga perolehan = 800 jt
    NBSF per 1/1/2009 = 700 juta

    Sependapat…keduanya bener bedana sebelum dimasukan dan setelah dimasukan kedalam sp t( penyesuaian/koreksi)

    PISS..

    Salam

  • kurnia

    Member
    23 April 2010 at 7:28 am
    Originaly posted by bayem:

    600 juta kalo pake metode GL.

    Originaly posted by junjungansitohang:

    NBSF per 1/1/2009 = 700 juta

    jadi yang dimasukkan ke kolom nilai sisa buku fiskal awal tahun 2009 yang mana nilainya ? 600 jt or 700 jt …tq

  • aepklaten

    Member
    23 April 2010 at 7:54 am
    Originaly posted by bayem:

    600 juta kalo pake metode GL.

    setuju dengan rekan bayem, memang yang boleh dibiayakan hanya 50%nya saja akan tetapi nilai bukunya kan tetep aja sisanya 600 juta.

  • kurnia

    Member
    23 April 2010 at 8:12 am
    Originaly posted by aepklaten:

    setuju dengan rekan bayem, memang yang boleh dibiayakan hanya 50%nya saja akan tetapi nilai bukunya kan tetep aja sisanya 600 juta.

    jadi menurut rekan, nilai sisa buku fiskal (bukan komersial) = 600 jt ??? tq

  • aepklaten

    Member
    23 April 2010 at 8:20 am
    Originaly posted by kurnia:

    jadi menurut rekan, nilai sisa buku fiskal (bukan komersial) = 600 jt ??? tq

    yup, walaupun yang bisa dibiayakan hanya 50%nya saja, tapi kan penyusutannya kan tetap 100%nya.

  • kurnia

    Member
    23 April 2010 at 9:24 am
    Originaly posted by aepklaten:

    yup, walaupun yang bisa dibiayakan hanya 50%nya saja, tapi kan penyusutannya kan tetap 100%nya.

    ada dasar peraturannya rekan ?? tq

  • ktfd

    Member
    24 April 2010 at 1:00 pm
    Originaly posted by kurnia:

    ada dasar peraturannya rekan ?? tq

    setahu saya ora ana alias gak ada, mungkin emang dibikin gak ada spy membingung-
    kan he3…. atau yg mau bikin aturan jangan2 juga bingung sendiri ya…..

    salam bingung.

  • hanif

    Member
    24 April 2010 at 2:28 pm
    Originaly posted by kurnia:

    ada dasar peraturannya rekan ?? tq

    setahu saya tidak ketentuan yang khusus mengatur hal ini.
    yang diatur adalah bahwa dari penyusutan secara fiskal yang dilakukan, yang boleh jadi biaya hanya 50%.

    saya sependapat denga logika rekan bayem bahwa nilai bukunya adalah 600 juta.
    walau yang boleh jadi biaya adalah 50%nya.

    kalau kita berandai-andai bahwa Nilai buku yang digunakan adalah 700 juta, periode penyusutannya menjadi 16 Tahun dong. kan tidak match dengan masa manfaat yang seharusnya 8 tahun.
    jadi penyusutan secara fiskal per tahun adalah 100 juta, namun yang boleh dijadikan sebagai biaya fiskal adalah 50% nya

    Demikian rekan kurnia.

    Salam

  • kurnia

    Member
    24 April 2010 at 3:45 pm
    Originaly posted by hanif:

    saya sependapat denga logika rekan bayem bahwa nilai bukunya adalah 600 juta.walau yang boleh jadi biaya adalah 50%nya.kalau kita berandai-andai bahwa Nilai buku yang digunakan adalah 700 juta, periode penyusutannya menjadi 16 Tahun dong. kan tidak match dengan masa manfaat yang seharusnya 8 tahun.jadi penyusutan secara fiskal per tahun adalah 100 juta, namun yang boleh dijadikan sebagai biaya fiskal adalah 50% nya

    jadi kalo nsbf = 600 jt……nsbf itu penting kan untuk kalo akan melakukan revaluasi aktiva…tq

  • begawan5060

    Member
    24 April 2010 at 4:03 pm

    Sependapat dengan rekan Bayem = 600jt
    Koreksi fiskal 50% bukan merupakan beda waktu, tetapi beda tetap (non deductible)

Viewing 1 - 15 of 19 replies

Original Post
0 of 0 posts June 2018
Now