Ortax Forums Lain-lain menyiasati sunset policy sebagai tax clearance

  • menyiasati sunset policy sebagai tax clearance

     harry_logic updated 13 years, 5 months ago 15 Members · 19 Posts
  • evan212

    Member
    26 August 2008 at 7:54 am

    dalam sunset policy khan tidak dibatasi jumlah kurang bayar untuk pembetulan yg akan kita lakukan. Dalam iklan tv disebutkan bahwa manfaat fasilitas sunset policy adalah tidak akan diperiksa. Bagaimana kalau kita betulkan seluruh SPT yg belum diperiksa dengan jumlah KB Rp.1 (satu rupiah), boleh gak yah ?????

  • evan212

    Member
    26 August 2008 at 7:54 am
  • babih

    Member
    26 August 2008 at 7:59 am

    hahaha……
    boleh dicoba tuh.
    tapi kan kalo kantor pajak dapat data lain tetap diperiksa pak, jadi menurut saya sih sama juga bohong. bikin capek aja.

  • Imuz

    Member
    30 August 2008 at 9:47 am

    Gitu ya mas babih…. Bikin pusying tok y…

  • quinn allman

    Member
    30 August 2008 at 10:05 am

    sunset policy kayanya kurang berhasil tuh…
    para WP menganggap itu adalah jebakan…
    ya dari yang kalian bicarakan diatas..
    katanya g bakal diperiksa kalo kita membetulkan SPT 5 tahun terakhir…ada tapinya tapi yaitu kalo ada data lain yang menunjukkan keterangan berbeda dengan SPT yang kita betulkan dapat diperiksa…
    gimana g ngejebak????

  • slamet suryadi

    Member
    30 August 2008 at 4:09 pm

    Benar memang peraturan jebakan, tidak diperiksa jika tidak ditemukan novum.

    Tapi itu bagus dicoba…he..he…

  • Wahyudi

    Member
    1 September 2008 at 9:22 am

    hayo siapa diantara rekan-rekan ortax yang sudah memanfaatkan sunset policy?
    Atau malah……….

  • mom

    Member
    1 September 2008 at 10:38 am

    aku tuh bingung banget deh ma suncet policy,,kurang jelas…n' bener juga kayanya bisa jadi peraturan jebakan.

  • JEFFRY

    Member
    3 September 2008 at 8:35 am

    aku setuju dengan pendapat rekan yang lain bahwa sunset policy memang cuma jebakan petugas pajak untuk dapat menyelidiki data-data baru WP, sehingga dari data trsebut mereka dapat melakukan pemeriksaan lebih lanjut. buntutnya pemeriksaan juga

  • zaen

    Member
    3 September 2008 at 9:21 am

    memang sunset policy diterbitkan untuk mencari tambahan bagi mereka yang SPTnya dianggap kurang bayar. Yang diharapkan KPP kan "kurang bayarnya bertambah gede". Kalo perbaikan laporan SPTnya tidak menimbulkan perubahan dalam hal lebih(kurang) bayar maka dianggap pembetulan biasa saja.Disamping itu sunset policy ada baiknya juga kok yaitu biar laporan selama 5th terakhir benar pengisiannya sekaligus datanya dan pembetulan SPT karena sunset policy tidak dapat dijadikan pedoman untuk menerbitkan SKP. Kalo memang kita buat laporan keuangan baik komersial maupun fiskalnya sudah benar kenapa harus takut???

  • zaen

    Member
    3 September 2008 at 9:27 am

    o iya sekedar info nih…RUU PPH sekarang dah disahkan secara resmi menjadi UU PPH tahun 2008 dan berlaku mulai 1 Januari 2009. Selamat menjalankan….

  • zhw

    Member
    3 September 2008 at 10:20 am

    Wah, beneran udah disahkan yah?
    saya baru tahu malah..
    boljug tuh,, syap yang udah pernah nyoba?

  • surjono

    Member
    6 September 2008 at 11:55 am

    mana mungkin seh KPP dengan target penerimaan pajak yang tiap tahun makin tambah besar dan gila aja jumlahnya begitu berbaik hati kepada para WP nya?
    Sunset Policy begitu nongol iklannya pertama kali aja udah ketahuan banget maksud dan tujuan terselubungnya.. Waspadalah rekan2 yang mau menggunakan fasilitas jebakan ini

  • harry_logic

    Member
    8 December 2008 at 1:58 am
    Originaly posted by evan212:

    dalam sunset policy khan tidak dibatasi jumlah kurang bayar untuk pembetulan yg akan kita lakukan. Dalam iklan tv disebutkan bahwa manfaat fasilitas sunset policy adalah tidak akan diperiksa. Bagaimana kalau kita betulkan seluruh SPT yg belum diperiksa dengan jumlah KB Rp.1 (satu rupiah), boleh gak yah ?????

    Boleh saja, selanjutnya dgn diterapkannya SE 67 thn 2008 maka Rp.1 akan bertelor buanyyaakk…

  • esatc

    Member
    8 December 2008 at 11:31 am
    Originaly posted by Wahyudi:

    hayo siapa diantara rekan-rekan ortax yang sudah memanfaatkan sunset policy?
    Atau malah……….

    > 90 % klien di Konsultan Pajak tempat saya menj klien, memanfaatkan SP (tp setlh dpt pemahaman SP dulu dari si konsultan pajak & atau dari KPP masing2).
    Sisanya tdk ikut, krn sdh merasa bhw SPT nya sdh rapi & benar.

Viewing 1 - 15 of 19 replies

Original Post
0 of 0 posts June 2018
Now