Ortax Forums PPh Badan Koreksi beban yang tidak ada bukti transaksinya di Pembetulan SPT Tahunan

  • Koreksi beban yang tidak ada bukti transaksinya di Pembetulan SPT Tahunan

     Johnson updated 7 months, 1 week ago 2 Members · 2 Posts
  • Nadya Khairunissa

    Member
    28 December 2021 at 6:10 am

    Dear rekan ortax,

    Saya mendapatkan SP2DK yang mempertanyakan biaya pembelian yang tidak sinkron dengan SPT masa PPN, setelah ditelusuri, itu adalah gabungan biaya usaha (bukan merupakan pembelian barang) tetapi kami tidak bisa membuktikan kepada KPP karena bukti transaksi tidak lengkap. Saya disarankan untuk mengkoreksi beban tsb dan menghapusnya dari SPT tahunan. Pertaanyaan saya bagaimana cara saya menghilangkannya sementara dana tersebut memang keluar dari rekening perusahaan? Apakah saya juga harus merevisi laporan keuangan? Terima kasih sebelumnya.

  • Johnson

    Member
    31 December 2021 at 10:04 pm

    Yang dimaksud Fiskus adalah koreksi fiskal, Si Fiskus tidak meminta Rekan mengubah jurnal di pembukuan. jadi rekan tidak perlu pusing bagaimana “menghilangkan sementara”

    Rekan hanya perlu hitung berapa biaya “yang tidak lengkap buktinya”, kemudian rekan secara manual kurangi biaya tersebut dari angka Laporan Laba Rugi, sehingga nantinya didapati Laba Bersih yang lebih tinggi, Laba bersih tersebut disebut Penghasilan Bersih Kena Pajak.

    Inilah yang disebut koreksi fiskal : dalam rangka menghitung pajak terutang, WP mengambil Laporan Laba Rugi Komersil (dari pembukuan sebenarnya) kemudian secara manual menambah atau mengurangi pendapatan/beban sesuai peraturan perpajakan, yang akhirnya didapati Penghasilan Bersih kena Pajak. Angka yang di Koreksi Fiskal, itu tidak dijurnalkan ke dalam pembukuan.

Viewing 1 - 2 of 2 replies

Original Post
0 of 0 posts June 2018
Now