Ortax Forums e-SPT Ketentuan Faktur Pengganti

  • Ketentuan Faktur Pengganti

     Hilda ira updated 2 months, 3 weeks ago 6 Members · 13 Posts
  • Hilda ira

    Member
    7 October 2021 at 11:59 am
  • Hilda ira

    Member
    7 October 2021 at 11:59 am

    Malam rekan, saya mau tanya mengenai faktur pengganti. Salah satu lawan transaksi saya ada yg meminta revisi alamat pada faktur sudah saya revisi pada tanggal 07 okt, namun setelah saya revisi mereka minta tgl faktur disamakan dengan tgl faktur normal tgl 9 sep dengan alasan FP harus sama tanggalnya dengan invoice/kwitansi.

    Setahu saya fp pengganti tidk bisa mundur tglnya. Namun mereka tetap meminta tgl fp seperti faktur normal. Kalau seperti ini bagaimana ya solusinya?

  • budul

    Member
    7 October 2021 at 1:23 pm

    Bilang aja faktur pengganti sudah terupload sesuai dengan tanggal input, karena aturannya memang seperti itu. Kl harus diterbitkan lagi faktur pengganti ke tanggal 9 Sep bukankah akan menjadi indikasi kl faktur pengganti tersebut dibuat dengan tanggal mundur? sehingga tidak sesuai dgn aturan dan berpotensi dianggap sebagai faktur tidak lengkap dan jadi gak bisa dikreditkan.

  • Hilda ira

    Member
    7 October 2021 at 3:07 pm

    Mereka tetap kekeh minta tglnya sama dengan inv rekan, bahkan mereka meminta untuk membatalkan fp tersebut, lalu membuat fp baru dengan tgl sesuai dengan inv.

  • yap30

    Member
    7 October 2021 at 5:54 pm

    Itu customer anda saja yang mau nunggak pembayaran dengan cara mengulur waktu

  • taxmin

    Member
    7 October 2021 at 11:54 pm

    bisa kok fp pengganti tanggalnya mundur sesuai fp normal,
    yang gabisa itu kalo mundurnya melebihi faktur normal. seperti tanggal 8 sep.
    kalo gamau ribet ya turutin aja kemauan LT. kalo mau ribet ya adu debat aja pake PER PPN.

  • Hilda ira

    Member
    8 October 2021 at 12:31 am
    Originaly posted by taxmin:

    bisa kok fp pengganti tanggalnya mundur sesuai fp normal,
    yang gabisa itu kalo mundurnya melebihi faktur normal. seperti tanggal 8 sep.

    Ada dasar hukumnya rekan kalo bisa mundur ?

  • taxmin

    Member
    8 October 2021 at 2:38 am
    Originaly posted by Hilda Ira:

    Ada dasar hukumnya rekan kalo bisa mundur ?

    ga ada, kan dibilang kalo gamau ribet ya nurutin kemauan LT, toh kalo dianggap fp pengganti itu cacat pihak LT yg rugi gabisa jadi PM yg dikreditkan.
    kalo mau ribet ya debatin pake PER PPN.

  • budul

    Member
    8 October 2021 at 2:57 am
    Originaly posted by Hilda Ira:

    Mereka tetap kekeh minta tglnya sama dengan inv rekan, bahkan mereka meminta untuk membatalkan fp tersebut, lalu membuat fp baru dengan tgl sesuai dengan inv.

    Kl udah kayak gini biar atasan saja yang memutuskan, jelaskan risikonya.

  • Hilda ira

    Member
    11 October 2021 at 8:52 am
    Originaly posted by taxmin:

    ga ada, kan dibilang kalo gamau ribet ya nurutin kemauan LT, toh kalo dianggap fp pengganti itu cacat pihak LT yg rugi gabisa jadi PM yg dikreditkan.

    Kalau untuk penerbitnya ada resikonya ga rekan kalo kita turuti?

  • Javier15

    Member
    13 October 2021 at 7:45 am
    Originaly posted by Hilda Ira:

    Kalau untuk penerbitnya ada resikonya ga rekan kalo kita turuti?

    Kalo pemeriksanya menganggap itu faktur pajak cacat ya namanya bukan merupakan faktur pajak akan kena sanksi 1% dari DPP sesuai UU Ciptaker….

  • begawan5060

    Member
    13 October 2021 at 10:33 am
    Originaly posted by Hilda Ira:

    Malam rekan, saya mau tanya mengenai faktur pengganti. Salah satu lawan transaksi saya ada yg meminta revisi alamat pada faktur sudah saya revisi pada tanggal 07 okt, namun setelah saya revisi mereka minta tgl faktur disamakan dengan tgl faktur normal tgl 9 sep dengan alasan FP harus sama tanggalnya dengan invoice/kwitansi.

    Tgl FP Pengganti bisa sama dengan FP Normal-nya atau setelahnya.
    Oleh karena sudah terlanjur, silahkan dijelaskan kepada lawan transaksi..

  • Hilda ira

    Member
    21 October 2021 at 3:36 am
    Originaly posted by begawan5060:

    Tgl FP Pengganti bisa sama dengan FP Normal-nya atau setelahnya.
    Oleh karena sudah terlanjur, silahkan dijelaskan kepada lawan transaksi..

    Apa ada dasar hukumnnya nya rekan ?

Viewing 1 - 13 of 13 replies

Original Post
0 of 0 posts June 2018
Now