ortax Forums Akuntansi Pajak jurnal pm>pk

  • jurnal pm>pk

     hanif updated 11 years, 6 months ago 6 Members · 16 Posts
  • kurnia

    Member
    6 May 2010 at 7:31 pm
  • kurnia

    Member
    6 May 2010 at 7:31 pm

    rekan jurnal jika pm > pk ? tq

  • saka

    Member
    6 May 2010 at 8:22 pm

    Pajak Masukan 1000
    Kas/Piutang 500
    Pajak Keluaran 1500

    CMIIW

  • raharjo

    Member
    7 May 2010 at 6:23 am

    saldo PM 1000
    saldo PK 500

    jurnal
    d : PK 500
    k : PM 500

  • kurnia

    Member
    7 May 2010 at 7:25 am
    Originaly posted by saka:

    Pajak Masukan 1000Kas/Piutang 500 Pajak Keluaran 1500

    jika mau di akui sbg penghasilan …bagaimana jurnalnya rekan ?

  • ktfd

    Member
    7 May 2010 at 10:55 am
    Originaly posted by kurnia:

    ekan jurnal jika pm > pk ?

    kok dijurnal lagi buat apa rekan kurnia??? kan udah otomatis dijurnal pas ada trans
    beli/pm dan jual/pk…

    Originaly posted by saka:

    Pajak Masukan 1000
    Kas/Piutang 500
    Pajak Keluaran 1500

    salah brur…

    Originaly posted by raharjo:

    jurnal
    d : PK 500
    k : PM 500

    bener kalau memang mau tutup saldo per bulan ketika lapor dan bayar/kompensasi ppn…

    Originaly posted by kurnia:

    jika mau di akui sbg penghasilan …bagaimana jurnalnya rekan ?

    gak bisa dijadikan penghasilan karena pm tsb sdh jadi aset anda rekan… jadi biaya
    malah bisa jk tak dapat dikreditkan… tp kenapa dijadikan biaya kl itu memang
    maksud ente???
    salam.

  • kurnia

    Member
    7 May 2010 at 4:35 pm
    Originaly posted by ktfd:

    kok dijurnal lagi buat apa rekan kurnia??? kan udah otomatis dijurnal pas ada transbeli/pm dan jual/pk…

    lah kan lebih bayar rekan….itu harus dibuat penyesuaian…..kalo pm 500 pk 500 yah klop…kalo pm 1000 sdgkn pk 500 kan lebih bayar…..restitusi rekan….kalo mau dianggap penghasilan jurnalnya ? tq

  • hanif

    Member
    7 May 2010 at 4:57 pm

    Ayat Jurnalnya :

    PPN K……………………………..xxx
    PPN LB/ Uang Muka PPN……xxx
    …………PPN M………………………………xxx

    Lebih Bayar PPN bukan penghasilan

    Salam

  • ktfd

    Member
    7 May 2010 at 5:10 pm

    oooh… kalau saya gak salah tangkap, maksud rekan kurnia itu adlh jurnal saat
    pengkreditan pm-pk tiap2 bulan yg mengakibatkan lebih atau kurang bayar…
    bukan begitu rekan kurnia…

    Originaly posted by kurnia:

    kalo mau dianggap penghasilan jurnalnya ?

    Originaly posted by hanif:

    Lebih Bayar PPN bukan penghasilan

    tuh kan… sudah dijawab ma rekan hanif nih…
    jadi penjelasannya:
    lebih bayar ppn tsb adalah aset kita, karena sdh aset kita maka kalau mau dihilangkan
    ya harus dibuang ke biaya bukan ke penghasilan…
    lain halnya kalau mis kita punya kewajiban/utang dan utang tsb akan dihapuskan,
    maka utang tsblah yang bisa dijadikan penghasilan kita…
    salam.

  • ardhyarini

    Member
    9 May 2010 at 12:27 pm

    sekedar informasi dan ikutan saja ;

    kalo diperusahaan saya ledger Vat out di nolkan tiap akhir bulan dgn jurnal:
    d : vat in
    c : vat out
    (angka sebsar jumlah Vat out)

    akibat jurnal tersebut otomatis di ledger Vat In akan terlihat kalo kita bulan ini melaporkan lebih bayar…. dan angka lebih bayar itu menjadi saldo awal vat in bulan berikutnya.. begitu seterusnya

    mohon tanggapan

  • hanif

    Member
    9 May 2010 at 12:40 pm
    Originaly posted by ardhyarini:

    sekedar informasi dan ikutan saja ;

    kalo diperusahaan saya ledger Vat out di nolkan tiap akhir bulan dgn jurnal:
    d : vat in
    c : vat out
    (angka sebsar jumlah Vat out)

    akibat jurnal tersebut otomatis di ledger Vat In akan terlihat kalo kita bulan ini melaporkan lebih bayar…. dan angka lebih bayar itu menjadi saldo awal vat in bulan berikutnya.. begitu seterusnya

    mohon tanggapan

    esensinya saya kira nggak masalah

    Salam

  • hanif

    Member
    9 May 2010 at 12:53 pm

    kelemahannya hanyalah tidak akan dapat diperlihatkan bahwa pajak masukan yang dikreditkan dengan pajak keluaran dalam suatu masa pajak bukan pajak masukan pada bulan yang sama dengan pajak keluaran tersebut, tapi lebih bayar pada masa sebelumnya.

    Salam

  • ardhyarini

    Member
    9 May 2010 at 1:05 pm

    iya rekan Hanif itu kelemahannya….. makanya kita jadi buat resume sendiri di luar ledger tenang SPM PPN kita sehingga tahu pada masa ini kita LB / KB berapa…
    Jadi 2 kali kerja ya kami…

  • hanif

    Member
    9 May 2010 at 1:10 pm

    kalau gitu, kenapa nggak sekali jurnal saja?

    Salam

  • ardhyarini

    Member
    9 May 2010 at 1:59 pm

    keputusan bukan di saya… tapi akan saya coba sampaikan… tapi auditornya juga tdk protes jadi jalan terus rekan Hanif….

Viewing 1 - 15 of 16 replies

Original Post
0 of 0 posts June 2018
Now