Ortax Forums e-SPT eSPT salah hitung dalam programnya.

  • eSPT salah hitung dalam programnya.

     exfclinx_Barathum updated 13 years, 9 months ago 13 Members · 17 Posts
  • Wahyudi

    Member
    16 April 2008 at 11:53 am
  • Wahyudi

    Member
    16 April 2008 at 11:53 am

    Salam rekan2 ortax,
    Rekan-2 sekalian ada yang tahu ndak cara membenarkan eSPT yg salah hitung sendiri dalam programnya?
    Contohnya gini : Lampiran 1107 A untuk DPP PPn tertulis Rp. 961.162.351 tetapi kok dalam PPn-nya oleh program hanya tercatat Rp. 96.116.221.

  • LIVIE

    Member
    16 April 2008 at 12:18 pm

    Kayaknya lbh baik tanya langsung ke A/R-nya deh…klo saya sih blm pernah mengalami kejadian spt itu…

  • Tamba

    Member
    16 April 2008 at 3:48 pm

    Sepertinya nilai tersebut akibat pembulatan Mas Wahyudi dan hal tersebut biasa terjadi. Thx

  • Wahyudi

    Member
    16 April 2008 at 4:00 pm

    Tapi kalo pembulatan ya harusnya jadi Rp. 96.116.235 atau bahkan mungkin Rp.96.116.230,-. Saya sendiri juga heran baru kali ini programnya hitungannya seperti itu, al hasil ya nanti waktu laporan bawa cetakan asli plus softcopynya sama buat form sendiri dari perhitungan kita, terserah nanti KPP mo pilih yang mana.

  • POERBA

    Member
    16 April 2008 at 4:33 pm

    Yang saya tau kalo perhitungan sendiri dalam programnya ga pernah ada pembulatan.. Malah biasanya kita sendiri yang bulatin ke atas untuk ppnnya. Misalnya DPP 96.759.858, kalo di espt pasti ppn nya 9.675.985. Tapi kan biasanya kalo kita print faktur pajak nggunakan excel pasti ada pembulatan keatas. PPN nya jadi 9.675.986. Kalo mau PPN dengan hasil yang bener jadinya PPN nya harus diinput manual..

  • deeprast

    Member
    16 April 2008 at 4:46 pm

    Sepertinya input data dengan metode import ya..??
    Coba lihat data sebelum importnya, kemungkinan data sebelum import (excel) semua nilai di PPN dibelakang koma tidak bulat. Tks

  • nanas

    Member
    2 May 2008 at 10:07 am

    sudah dicek total FPS yg diupload ke sistem?

    jumlah yg diupload=jumlah yg ditampilkan/masuk di rekap bukti potong (harus di print dulu kalu mau lebih yakin) ??

    ketika diimport/upload ada penggunaan angka di belakang koma? (ini juga bikin masalah)

    hmmm biasanya sih itu doang..

    kalo masih gagal, mau2 gak mau hapus dulu datanya terus upload ulang… (pernah kejadian juga)

    mungkin buat ngontrolnya lebih gampang, coba uplaod datanya sebagian2, maksudnya data PPN masukan, keluaran, retur sendiri2. jadi begitu ada yg kurang uploadnya bisa ketahuan.

  • Wahyudi

    Member
    2 May 2008 at 12:46 pm

    Thanks, rekan-2. untuk diketahui pengisian e-spt kita tuh lewat jalur manual dan ketika ngisi juga ndak pake angka desimal dibelakang.
    Trus setelah kejadian itu, kita juga udah usaha ngecek penjumlahannya pake exel tetapi hasilnya ya seperti itu. kagak sama jumlahnya yg dibelakang. Alhasil yg kita laporin dulu ke AR meskipun pemecahannya juga belum ada.

  • fiskus

    Member
    3 May 2008 at 3:28 am

    klo seinget saya untuk PPN itu pembulatannya per FPS dan dibulatkan ke bawah bukan keatas…jadi mungkin programnya juga dibuat kyk gtu…

  • nanas

    Member
    7 May 2008 at 9:29 am

    hmm penyakit bahasa pemrogramannya kayaknya… harusnya kalo cuma 10% gak sampe separah itu…
    ampir sama kaya penyakit e-spt pph masa, kalo ketik 1-1 pasti hasil pajaknya beda dengan perhitungan excel kita.
    Makanya sejak ketahuan ngaco, gw udah gak pernah input 1-1 lagi, harus upload/import data kalau hasilnya pengen sama kaya itungan kita di excel..

    solusinya sih itu aja…

  • indrabeck

    Member
    13 June 2008 at 2:01 pm

    Wah kalo seperti itu, saya juga pernah mengalami.

    ada dua kondisi,
    1. program e spt ppn memang EROR,
    2. karena ada pembulatan yang kita buat sendiri, karena di dalam program tidak ada koma.

    Untuk yang pertama, ya kita install ulang ja.tapi database nya jangan sampe ilang yah,
    Untuk yang kedua, kalo mau akurat ya pake spt manual…..

  • abinzz

    Member
    13 June 2008 at 4:46 pm

    hmmm…

    masalah pembulatan nih kayaknya…
    ikut nge-cek e-SPT ahh…

    😀

  • wuriant

    Member
    25 June 2008 at 9:35 am

    wah kalo input manual sich belum pernah nyobain,
    mendingan input pake import dari csv aja, caranya juga lama2 biasa kok gak akan susah.
    cuman kalo di excell jangan pake koma, harus bilangan bulat karena tidak bisa diimport alias tidak terbaca oleh aplikasi espt.

  • budimanto

    Member
    15 July 2008 at 9:12 am

    Kalau kejadian seperti anda mungkin menurut saya adalah akibat dari adanya selisih pembulatan dimana selisih tersebut hanya berjumlah puluhan. Hal ini pernah dibenarkan A/R kami di KPP PMA Lima. Tetapi buat informasi kepada teman-teman saya pernah mengalami penjumlahan yang salah dimana oleh program jumlah 1107B antara impor BKP dan JKP dengan faktur pajak masukan dalam negeri salah. Sehingga terbawa ke induk dengan pajak masukan yang salah. Lalu SPT saya tidak diterima karena hard copy dengan softcopy berbeda (untuk softcopy rupanya benar. Saya gak tau kenapa pada waktu copy bisa benar). Jadi akhirnya saya tanyakan ke A/R mereka juga tidak tahu. Sehingga saya laporkan lagi yang telah saya ubah benar (artinya saya totalkan manual setiap saya buat e-SPT) dan saya buat surat dengan menceritakan kejadian tersebut. Untuk copy yang salah agar disimpan supaya pada saat ada STP, dapat dijelaskan dan dibantah karena program yang salah menjumlahkan

Viewing 1 - 15 of 17 replies

Original Post
0 of 0 posts June 2018
Now