ortax Forums Akuntansi Pajak Bagaimana Pencatatan Atas Selisih Karena Pembulatan?

  • Bagaimana Pencatatan Atas Selisih Karena Pembulatan?

     antonsteve updated 2 years ago 3 Members · 12 Posts
  • antonsteve

    Member
    21 November 2019 at 2:54 am
  • antonsteve

    Member
    21 November 2019 at 2:54 am

    Rekan2 ortax mohon bimbingannya

    PT A membeli barang, anggap saja nilainya Rp.9.972, sudah termasuk PPN 10%. kami pun melakukan pembayaran pembulatan menjadi Rp.10.000, bagaimana jurnal yang harus di buat yah? untuk penamaan jurnal yang ada selisih namanya apa yah?

  • roenk

    Member
    21 November 2019 at 3:01 am

    Pembelian/inv (d) 9.066
    pajak masukan (d) 906
    selisih pembulatan (d) 28
    Kas/Bank (k) 10.000

  • htk

    Member
    21 November 2019 at 3:06 am
    Originaly posted by antonsteve:

    penamaan jurnal yang ada selisih namanya apa yah?

    bisa juga dimasukin ke akun biaya lain2

  • antonsteve

    Member
    21 November 2019 at 3:20 am
    Originaly posted by roenk:

    pajak masukan (d) 906

    kalo pajak masuk akan tetap ada di debet yah selama tidak ada pajak keluaran?

  • roenk

    Member
    21 November 2019 at 3:39 am
    Originaly posted by antonsteve:

    kalo pajak masuk akan tetap ada di debet yah selama tidak ada pajak keluaran?

    ya, bisa diajukan restitusi atau kalau nilainya kecil dibiayakan saja

  • antonsteve

    Member
    21 November 2019 at 3:51 am
    Originaly posted by roenk:

    ya, bisa diajukan restitusi atau kalau nilainya kecil dibiayakan saja

    maksudnya di restitusi gimana?

  • htk

    Member
    21 November 2019 at 4:54 am
    Originaly posted by antonsteve:

    maksudnya di restitusi gimana?

    PPN lebih bayar dimintakan kembali kepada negara…

    btw perusahaan nya sudah PKP belom ?

  • antonsteve

    Member
    21 November 2019 at 5:45 am
    Originaly posted by htk:

    btw perusahaan nya sudah PKP belom ?

    sudah.. PTN-BH sih lebih tepatnya

  • antonsteve

    Member
    21 November 2019 at 5:46 am
    Originaly posted by htk:

    PPN lebih bayar dimintakan kembali kepada negara…

    tapi kalo dibiarkan dijurnalnya sebagai pajak masukan (D) gapapa yah?

  • htk

    Member
    21 November 2019 at 6:29 am
    Originaly posted by antonsteve:

    sudah.. PTN-BH sih lebih tepatnya

    apa itu kepanjangan nya ?
    PKP yang saya maksud = Pengusaha Kena Pajak

    Originaly posted by antonsteve:

    tapi kalo dibiarkan dijurnalnya sebagai pajak masukan (D) gapapa yah?

    iya, gak apa2
    hak WP mau di restitusi atau gak nya

  • antonsteve

    Member
    28 November 2019 at 4:38 am
    Originaly posted by htk:

    apa itu kepanjangan nya ?

    Perguruan tinggi negeri badan hukum.. tapi sudah PKP kok

Viewing 1 - 12 of 12 replies

Original Post
0 of 0 posts June 2018
Now