Media Komunitas Perpajakan Indonesia › Forums › Akuntansi Pajak › ACCRUED EXPENSE
Dear Rekan2,
Mohon Pencerahan.
Bagaimana caranya menentukan biaya2 yang masih harus dibayar, jika kita belum tau nominalnya, apakah berpatokan kepada tagihan bulan lalu? untuk biaya sewa ataupun biaya lain yang rutin dan tetap jumlahnya tidak ada kendala, tetapi untuk biaya2 seperti listrik,telpon,air,dan energi2 lainnya kan berubah2, sedangkan awal bulan sudah harus tutup buku, dan kita belum tau pemakaian energi2 tsbSalam
Arrydikantor saya dulu, bagian mesin da GA menghitung sendiri listrik yang mereka pakai kemudian diserahkan ke accounting, target lap keuangan kita adalah tanggal 10
salam
- Originaly posted by hendrioye:
da
dan
- Originaly posted by armo:
Dear Rekan2,
Mohon Pencerahan.
Bagaimana caranya menentukan biaya2 yang masih harus dibayar, jika kita belum tau nominalnya, apakah berpatokan kepada tagihan bulan lalu? untuk biaya sewa ataupun biaya lain yang rutin dan tetap jumlahnya tidak ada kendala, tetapi untuk biaya2 seperti listrik,telpon,air,dan energi2 lainnya kan berubah2, sedangkan awal bulan sudah harus tutup buku, dan kita belum tau pemakaian energi2 tsbSalam
Arrytagihan seperti listrik,air dan telepon dll biasanya kan ditagih pada bulan ybs. walaupun periode pemakaian dr bulan sebelumnya.
contoh : bulan april ditagihkan tagihan atas listrik bulan maret.
yg dibukukan kan sesuai dgn bulan tagihan yaitu april
jdi tdk ada masalah jika mau tutup buku.yang berbeda tiap bulan adalah jumlah pemakaian.dgn tarif nya sama.
jadi kan kita bs tau tagihan untuk bulan berjalan dgn mengetahui jumlah pemakaian..mohon koreksi rekan..
- Originaly posted by hendrioye:
dikantor saya dulu, bagian mesin da GA menghitung sendiri listrik yang mereka pakai kemudian diserahkan ke accounting, target lap keuangan kita adalah tanggal 10
Sepakat, dan bisa diperkirakan dnegan menggunakan asumsi terlebih dahulu. jadi kalaupun nilai accrual lebih besar atau lebih kecil tidak akan masalah selama dasar perkiraan/penghitungan tersebut dpat dipertanggungjawabkan (bukan asal input/tebak)
Seandainya nilainya lebih besar atau lebih kecil, berarti nanti harus dilakukan jurnal penyesuaian ya Mas Yuniffer
Salam
dalam kasus ini lebih baik jika pengakuan biaya pada saat transaksi walau itu pemakaian bulan sebelumnya tapi biaya nya kan di awal bulan. kecuali untuk gaji karyawan harus di accrued expense kan