Media Komunitas Perpajakan Indonesia Forums Bahas Berita Protes Warga Tentang Kenaikan Pajak BBM, Prancis Bergemuruh!

  • Protes Warga Tentang Kenaikan Pajak BBM, Prancis Bergemuruh!

     eddy_20 updated 5 years, 10 months ago 5 Members · 6 Posts
  • bimoaryan

    Member
    3 December 2018 at 9:29 am

    beritajowo.com // Prancis – Presiden Prancis Emmanuel Macron memimpin rapat kabinet darurat pada Minggu (02/12/2018). Rapat tersebut untuk membahas langkah-langkah menangani aksi protes yang diwarnai kekerasan di Paris. Di antara jalan yang dipertimbangkan pemerintah adalah memberlakukan keadaan darurat.

    Seorang juru bicara pemerintah, Benjamin Griveaux, mengatakan pemberlakuan keadaan darurat merupakan opsi yang mungkin saja ditempuh. Kerusuhan bermula dari aksi unjuk rasa menentang kenaikan pajak bahan bakar minyak (BBM) yang kemudian berkembang menjadi demonstrasi menentang kenaikan biaya hidup.

    Meskipun aksi sebagian demonstran berjalan damai, sebagian pemrotes bentrok dengan aparat keamanan dan menaiki gapura terkenal di Paris, Arc de Triomphe, dalam unjuk rasa pada Sabtu (01/12). Lebih dari 100 orang mengalami luka, termasuk 23 anggota pasukan keamanan. Sejauh ini kepolisian telah menangkap 400 orang.

    Di kawasan perbelanjaan Champs-Elysées, polisi menembakkan gas air mata, granat kejut dan meriam air. Kelompok pemrotes yang mengenakan masker melemparkan proyektil dan membakar gedung-gedung.

    Presiden Macron kembali dari KTT G20 di Argentina pada Minggu pagi dan langsung meninjau kerusakan yang terjadi di Arc de Triomphe. Para pengunjuk rasa disebut sebagai "gilets jaunes" atau rompi kuning karena mereka mengenakan rompi cerah, yang oleh peraturan Prancis diharuskan ada di setiap kendaraan.

    Gerakan unjuk rasa ini tampaknya tidak mempunyai komando yang dapat diidentifikasi secara pasti dan mendapat momentum melalui media sosial.

    Para peserta berasal dari berbagai lapisan masyarakat, mulai dari kelompok anarkis kiri jauh hingga kelompok nasionalis kanan jauh, dan banyak pula orang-orang moderat. Hampir 300.000 turut serta dalam demonstrasi serentak pertama pada tanggal 17 November lalu. Keberatan utama mereka adalah kenaikan pajak bahan bakar.

    Menurut Presiden Macron, kenaikan pajak BBM diberlakukan demi lingkungan hidup, tetapi kelompok pemrotes menyebutnya tidak memahami situasi masyarakat, khususnya penduduk pedesaan yang menggantungkan pada mobil sebagai moda transportasi.

    Harga minyak diesel, jenis bahan bakar yang paling banyak digunakan oleh mobil di Prancis, meningkat sekitar 23% selama 12 bulan terakhir.

    Harga minyak dunia sempat naik sebelum akhirnya kembali turun. Namun pemerintah Prancis justru meningkatkan pajak hidrokarbon menjadi 7,6 sen per liter untuk bahan bakar diesel dan 3,9 sen untuk premium.

    Langkah itu disebut untuk mendukung mobil dan bahan bakar yang ramah lingkungan. Keputusan pemerintah menaikkan 6,5 sen untuk diesel dan 2,9 sen untuk premium pada 1 Januari lalu dianggap tidak dapat ditoleransi lagi.

    Sumber: https://beritajowo.com/news/detail/24094/Protes-Ke naikan-BBMParis-Keadaan-Darurat

  • bimoaryan

    Member
    3 December 2018 at 9:29 am
  • jajamiharja

    Member
    3 December 2018 at 9:36 am

    Makanya kalo mau naikin BBM kaya di sini, tiba tiba, abis itu kuatin isu lainnya hahahaha

  • almirasabrina

    Member
    3 December 2018 at 9:38 am
    Originaly posted by jajamiharja:

    Makanya kalo mau naikin BBM kaya di sini, tiba tiba, abis itu kuatin isu lainnya hahahaha

    Kalo disini mahasiswanya dibuat sibuk, makanya ga semept demo lagi pak jajamiharja

  • S@NT@ CL@USE

    Member
    3 December 2018 at 10:55 am
    Originaly posted by jajamiharja:

    Makanya kalo mau naikin BBM kaya di sini, tiba tiba, abis itu kuatin isu lainnya hahahaha

    prancis gak ada premium dan pertalite.. jenis bahan bakar disana layaknya pertamax, pertamax turbo, dan pertamina dex.. jadi apabila harga BBM naik, otomatis akan timbul inflasi.. sedangkan di indonesia, yang naik pertamax, pertamax turbo, dan pertamina dex, sedangkan premium dan pertalite tidak ada yang naik.. jadi seharusnya gak berdampak terhadap warga kecil.. sesungguhnya mobil sayur, angkot, mikrolet dan kopaja serta bus AKAP tidak ada pakai BBM pertamax, turbo, dan dex

  • eddy_20

    Member
    3 December 2018 at 11:27 am

    Disini masyarakatnya baik2. kalau ada demo jg karena kepentingan kelompok tertentu, bukan karena kemauan sndiri. wkwkwkk

Viewing 1 - 6 of 6 replies

Original Post
0 of 0 posts June 2018
Now